Flowchart

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ
oleh :
arif zainurrohman

            Algoritma Pemrograman 1A atau sering kami sebut AP 1A. Ini adalah salah satu matakuliah untuk program studi SITI. Pertama mendengar bagi penulis memang tidak asing, karena memang sudah sekitar lima tahun yang lalu penulis memulai mempelajari algoritma pemrograman ini. Namun ternyata mata kuliah ini ada ekornya. Yaitu 1A, 1B, dan 1C. Mulailah timbul keresahan dalam diri.
            Namun ternyata keresahan itu hanya sementara saja. Tidak lama ada seorang dosen –hafizhahullah – yang dengan senang hati mau menjelaskannya. Jadi Ternyata maksud dari pembagian menjadi tiga bagian itu adalah untuk memperdalam ilmu yang ada dalam mata kuliah ini. AP 1A, mata kuliah yang mengupas tuntas masalah flowchart dalam pemrograman. AP 1B, mata kuliah yang mengupas tuntas masalah bahasa pemrogramannya atau sintaxnya. Sedangkan AP 1C, mata kuliah yang mengupas tuntas masalah konsep dalam bahasa pemrograman. Ternyata tujuan sangat bagus sekali, bagi mahasiswa yang belum mengenal apa itu pemrograman langsung dapat memperdalamnya, tidak sama dengan penulis, karena dahulu penulis mempelajari ke tiga itu dalam satu mata pelajaran saja (^_^).
            Langsung saja penulis akan membagi sedikit materi yang penulis dapatkan dari mata kuliah AP 1A, yaitu mengenai flowchart. Untuk lebih mudahnya mari kita perhatikan Struk pembelian, struk pemeblian bisa kita dapat dari beberapa tempat dan penulis yakin pembaca telah mengetahuinya, jadi tidak perlu penuis menjelaskannya lagi. Dalam struk pembelian terdapat beberapa informasi seperti nama toko , nama barang , harga barang , jumlah barang dan lain lain. Nah informasi informasi yang tertulis itulah yang menggambarkan Detil bahasa pemrograman atau aplikasinya.
            Dan yang akan penulis sampaikan di sini adalah flowchart. Apa sih flowchart ? Untuk apa flowchart ? Bagaimana bentuk atau wujud flowchart ? Siapa yang membuat flowchart ? Mengapa harus ada flowchart ? Mari kita bahas satu persatu .
            Flowchart sendiri adalah bagan atau simbol simbol yang memberikan informasi alur dan proses proses jalannya sebuah program. Flowchart menggambarkan algoritma secara global. Dalam flowchart terdapat beberapa symbol yang sangat jelas memberikan informasi, apakah langkah yang harus dijalankan, apakah proses ataukah input ataukah output. Flowchart ini bersifat global karena dapat digunakan untuk semua bahasa pemrograman (ya tentu saja, karena flowchart ini bukan bahasa pemrograman tertentu melainkan informasi
yang dapat dirubah ke dalam bahasa pemrograman).
            Flowchart ini ternyata sangat berguna digunakan sebagai sketsa. Dengan flowchart ini programmer dapat dengan mudah menentukan titik titik di mana ia akan istirahat (ketika lelah) sehingga tidak perlu membaca sintax program dari awal lagi. Karena tentunya sebuah program berisi alur alur yang cukup rumit dan membingungkan. Dahulu penulis sempat berfikir bila membuat flowchart sama saja bekerja dua kali , membuat flowchart dan mengaplikasikannya dalam bahasa pemrograman (tidak efisien). Tetapi ternyata paham itu terbantahkan, karena flowchart dan bahasa sintax program dibuat oleh orang yang berbeda.
            Flowchart ini berupa simbol simbol khusus. Simbol simbol khusus itu mempunya fungsinya masing masing. Diantaranya ada simbol untuk menginformasikan permulaan dan pengakhiran sebuah program. Simbol yang menginformasikan sebuah input data, output data, dan proses data. Proses data di sini juga ada lagi pembagiannya, seperti pengandaian , pengulangan , array , dan lainnya. Dalam flowchart ini kita harus hafal nama dan fungsi simbolnya.
            Dalam mebuat flowchart, seorang programmer akan bermain main dengan logikanya atau analisa analisanya terhadap suatu permasalahan atau program yang hendak dibuatnya. Tentu logika dan analisa akan sangat ditonjolkan disini. Flowchart ini akan sangat ditentukan berdasarkan pemahaman logika dan analisa setiap orang. Ketika logika dan analisa seseorang itu baik maka insya allah flowchart akan baik, dan akan sangat berpengaruh pada program yang dibuatnya. Nah jangan teruburu buru mengambil kesimpulan logika akan sangat menyulitkan bagi sebagian orang, apalagi nalar (^_^).  Karena logika ini dapat dilatih, jadi jangan berkecil hati. Logika dapat dilatih dengan melakukan beberapa latihan, semakin banyak latihan insya allah semakin terasah logika kita. Banyak membaca, perluas wawasan , jangan malas mencari informasi, dan masih banyak lagi. Menurut penuturan dosen –hafizhahullah- logika manusia itu tidak bisa dipaksakan.

“logika manusia itu tidak bisa dipaksakan”
Dosen AP 1A – hafizhahullah-

            Logika manusia tidak visa dipaksakan sesuai kehendak seseorang. Setiap manusia
mempunyai caranya masing masing dalam memaknai suatu permasalahan dan pengambilan
keputusan. Kita tidak bisa memaksanya untuk selalu sama dengan kita.

كَانَ اخْتِلاَفُ أَصْحَابِ مُحَمَّدٍ صلى الله عليه وسلم رَحْمَةً لِلنَّاسِ.
“Perbedaan pendapat di kalangan sahabat Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam merupakan rahmat bagi manusia.” (Jazil al-Mawahib, 21).

مَا سَرَّنِيْ لَوْ أَنَّ أَصْحَابَ مُحَمَّدٍ صلى الله عليه وسلم لَمْ يَخْتَلِفُوْا لأَنَّهُمْ لَوْ لَمْ يَخْتَلِفُوْا لَمْ تَكُنْ رُخْصَةٌ

“Aku tidak gembira seandainya para sahabat Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam tidak berbeda pendapat. Karena seandainya mereka tidak berbeda pendapat, tentu tidak ada kemurahan dalam agama.” (Jazil al-Mawahib, 22).

            Beliau menuturkan, jika suatu saat nanti diantara kami (mahasiswa) terjadi perbedaan pendapat, perbedaan penyelesaian masalah dalam ujian yang diberikan oleh beliau, beliau tidak akan mempermasalahkannya. Bila ada yang menuliskan flowchart lebih panjang dari yang lain itu tidak akan mempengaruhi penilaian. Yang terpenting maksud dari flowchart atau jawaban dari kami adalah sama, yaitu tujuan yang sama (jawaban yang benar), nilainya akan tetap sama.

Namun perlu di ingat suatu hal yang sangat penting dalam perbedaan pendapat ini.


“Maka bertanyalah kepada orang yang mempunyai pengetahuan jika kamu tidak mengetahui.” [QS. an-Nahl : 43]



Kuliah AP 1A (untuk flowchart)

Ibu kota , 12 Oktober 2013

akhukum fillah arif zainurrohman

0 komentar:

Posting Komentar