Ubiquitous computing



ubiquitous = dimana - mana
computing = mengoperasikan komputer


     Jadi ubiquitous computing itu sendiri adalah interaksi dengan computer dimana saja, kapan saja. esensi dari komputer itu sendiri adalah alat elektronik yang memiliki processor .( input-proses-output sudah tidak relevan lagi karena kalukulator tidak memiliki processor - kata dosen ana)


     Tidak semua alat yang memiliki processor itu juga bisa disebut ubiquitos computing. Ubiquitos computing itu sendiri adalah sesuatu yang tampak mustahil dalam fikiran manusia tapi bisa diwujudkan dalam dunia nyata. Dan ubiquitous computing itu sendiri adalah fungsi tambahan dan bukan fungsi utama dan tidak menghilangkan fungsi utama. Yang terpenting adalah ubiquitous computing itu tidak nampak seperti wujud komputer seperti yang beredar sekarang ini.

     contoh satu : Helm 360 derajat. Helm ini memiliki kemampuan untuk memungkinkan penggunanya dapat melihat dalam radius arah 360 derajat, jadi ketika pengguna ingin memundurkan kendaraan atau ingin berbelok, pengguna tidak perlu lagi menolehkan kepala, cukup melihat pada kaca yang terdapat pada helm. Dan juga syarat dari ubiquitous ini harus mampu mengidentifikasi empunya atau pemiliknya agar tidak sembarang orang dapat menggunakannya. 

     contoh dua : e-learning, e-learning adalah sistem belajar jarak jauh, dan tentunya ada perangkat yang digunakan semacam komputer.

     Nah dari kedua contoh diatas sudah dapat dibedakan mana ubiquitos dan mana yang bukan, dari contoh pertama adalah ubiquitous, karena wujud dari komputernya tidak nampak dan tidak menghilangkan fungsi utamanya berfungsi sebagai helm, tetapi memiliki fungsi tambahan kemampuan melihat 360 derajat, dan akan sangat nampak berbeda dengan contoh dua, dimana wujud dari komputernya nampak jelas, dan yang dioperasikan adalah komputer. 

Kuliah KSI
Ibukota , 8 juni 2014
akhukumfillah arifzainurrohman

0 komentar:

Posting Komentar