Caraku mencintai tanah ini, Indonesia

     Apa itu cinta ? bagaimana mencinta ? mengapa mencinta ? tidak sedikit orang yang tidak tahu dan bahkan salah mengartikan kata cinta itu sendiri. kata orang cinta adalah sebuah rasa atau emosi yang timbul karena suatu ketertarikan atau rasa simpati pada sesuatu. Cinta membuat orang untuk rela melakukan banyak hal untuk sesuatu yang dicintainya.

     Pada tulisan kali ini arti kata cinta akan penulis persempit dengan kalimat "Aku cinta indonesia". Jadi cinta yang akan dibahas disini adalah cinta pada indonesia. Dan pastinya Cinta yang menimbulkan sikap positif. apa sih cinta indonesia itu ? Menurut dosen penulis, cinta indonesia itu adalah salah satu dari bentuk pengamalan nilai - nilai pancasila dalam kehidupan sehari - hari. Ada pula yang berpendapat bahwa cinta indonesia berarti rela berkorban sepenuh hati untuk indonesia. Ya, itu tadi adalah pendapat dari beberapa orang, mungkin akan masih ada banyak lagi mengingat ada banyak manusia di indonesia ini.

     Lalu setelah ita tahu apa itu cinta, maka akan timbul pertanyaan "mengapa kita cinta ?" "untuk apa kita cinta". Pernah suatu ketika penulis tanyakan pada sesorang, antum bilang antum cinta indonesia,  kenapa sih antum cinta indonesia ? orang itu mengatakan karena indonesia itu memiliki bermacam  macam bahasa, karena ia lahir di indonesia, minum airnya, dll. Tidak sedikit pula orang - orang yang cinta indonesia karena pemandangan alamnya dan wisata - wisata, ada pula yang cinta indonesia karena keragaman budayanya, keragaman makanannya, dan yang paling penting orang indonesia itu ramah - ramah (sopan - sopan). Lalu bagaimana dengan penulis sendiri ? apa yang membuat penulis cinta dengan indonesia ? Tentu ada banyak hal yang membuat penulis cinta dengan indonesia ini, yang paling berkesan tentulah keberagaman makanan khas daerah dan budayanya.

     Lalu bagaimana cara mencintai indonesia ? Sebetulnya ada banyak cara dan banyak kesempatan serta bentuk upaya untuk mencintai indonesia ini. Ada beberapa teman dari penulis yang mengatakan bahwa belajar dengan rajin dan jujur itu sudah termasuk bentuk dari mencintai indonesia, lalu penulis pun merasa penasara, kenapa hal seperti itu bisa dikatakan upaya untuk cinta indonesia ? teman penulis menjawab bahwa pada zaman dahulu dan dari pengamatannya pada orang - orang jawa, ia katakan bahwa mereka adalah orang yang ramah - ramah dan selalu menjaga kepercayaan dan amanah yang telah diberikan pada mereka. Dengan meneladani mereka dan menjadi pribadi yang baik itu sudah cukup untuk mencintai indonesia karena perilaku dari penduduk suatu negara akan menjadi cermin bagi negara itu.

     Ada pula yang mencintai indonesia dengan ikut serta berbagi ilmu dan informasi, menjaga kebersihan, mencoba membuat kreativitas, melestarikan budaya dan permainan masa kanak kanak dahulu, mainan yang sudah sangat dilupakan, mungkin permainan seperti ingkling, congklak, bentik, kelereng dan lainnya sudah sangat jarang dimainkan oleh anak anak masa sekarang ini, seperti kehilangan identitas saja.

      Lalu bagaimana cara penulis mencintai indonesia ? Menurut penulis cinta itu bukan hanya sekedar rasa tapi juga butuh tindakan yang konkret melalu blog dan tulisan ini penulis mencoba untuk berbagi informasi dan ilmu yang telah penulis dapat selama perjalanan hidup penulis. berbagi ilmu,berbagi informasi,berbagi semangat melalui tulisan, inilah cara yang baru dapat penulis lakukan untuk saat ini. Semoga di waktu - waktu mendatang ada semacam karya nyata yang dapat penulis persembahkan sebagai rasa cinta terhadap tanah air ini, Indonesia.
 
 
 
Ibu Kota, 6 juni 2014
akhukumfillah arifzainurrohman

0 komentar:

Posting Komentar