PBO/OOP in Java

oleh:
arif zainurrohman

/** Nama  : Arif Zainurrohman 
 ** NPM   : 11113342
 ** Kelas : 1KA41               */

class A
{
    int x;
    int y;
   
    void TampilkanNilai()
    {
        System.out.println("Nilai x : "+x+", Nilai y : "+y);
    }
    void TampilkanText()
    {
        System.out.println("Ini adalah class A");
    }
   
}
class B extends A
{
    int z;
    void TampilkanJumlah()
    {
        System.out.println("Jumlah total x+y+z : "+(x+y+z));
    }
    @Override
    void TampilkanText()
    {
        System.out.println("Ini adalah class B");
    }
}

public class labsi
{
    public static void main (String[] args)
    {
        A super_object = new A ();
        B sub_object = new B();
        super_object.x = 10;
        super_object.y = 20;
   
        super_object.TampilkanNilai();
        
        sub_object.x = 5;
        sub_object.y = 10;
        
        sub_object.TampilkanNilai();
        
        sub_object.z = 15;
        sub_object.TampilkanJumlah();
        super_object.TampilkanText();
        sub_object.TampilkanText();
   
        
    }
}
 


                 Program pertama adalah contoh program OOP. Pada program ini terdapat dua class yaitu class A dan class B. Terdapat pula main class atau program utamanya. Class A dan class B di sini memiliki fungsi yang sama seperti prosedur. Class A dan class B nantinya akan dipanggil oleh program utama yang kemudian membuatnya menjadi sebuah program utuh. Pada class B terdapat kata - kata extends A, yang memiliki arti bahwa class B merupakan turunan dan kelas A. Di dalam class A dan class B terdapat tiga deklarasi variable, dalam class A dua variable dan class B satu variable. Variabel yang dideklarasikan di dalam class A bisa digunakan untuk melakukan suatu operasi di class B, namun variable yang ada dalam class B tidak dapat digunakan untuk melakukan suatu operasi di class A, dikarenakan di class B terdapat fungsi extends yang mempunyai fungsi pemanggilan. Sehingga bisa dikatakan bahwa class B adalah bagian dari class A.
            Dalam class A dan class B masing – masing memiliki dua buah method yaitu TampilkanNilai, TampilkanText, TampilkanJumlah, dan TampilkanText. Masing – masing method memiliki fungsi tersendiri. Dalam class B terdapat fungsi @override, yang memiliki fungsi untuk mencegah terjadinya ambigu atau data yang sama lebih dari satu, karena baik class A maupun class B terdapat satu method yang sama yaitu TampilkanText.
            Selanjutnya adalah main class atau main program. Di tuliskan dengan public class labsi. Public class di dalam java memiliki kekuasaan untuk memanggil class – class lainnya yang merupakan blok – blok statement, atau prosedur – prosedur dalam program. Public class dalam java ini tidak melakukan operasi apapun karena memang dalam program ini ia hanya melakukan pemanggilan pada class A dan class B. Class A dan class B lah yang melakukan operasi yang kemudian hasilnya akan ditampilkan oleh main class ini.

            Dalam program ini pemanggilan menggunakan super_object dan sub_object dimana kedudukan super_object lebih tinggi dari pada sub_object. Class A dipanggil dengan menggunakan super_object sedangkan class B dipanggil menggunakan sub_object dikarenakan class B merupakan turunan dari class A.

Praktikum Java

Ibu kota , 5 muharram 1435 H

0 komentar:

Posting Komentar