Array

oleh : 
arif zainurrohman

            Array atau sering disebut dengan index. Array memberikan fungsi pada suatu variable untuk memiliki isi lebih dari satu. Di dalam array kita akan mengenal yang namanya panjang array dan value atau isi array serta index atau array ke n. Variable yang dideklarasikan dengan array bisa disebut dengan field, dimana jika di dalam basis data Microsoft Acces field ini tersusun ke bawah sehingga memiliki lebih dari satu isi atau value. Nomor yang berada di sebelah paling kiri itulah yang disebut index. Dan isi dari field itu secara turun kebawah disebut value atau isi array. Sehingga bisa dilakukan deklarasi atau pemanggilan array ke satu atau array kedua dan selanjutnya. Array dalam java terdapat array satu dimensi , array dua dimensi , dan array multi dimensi. Namun dalam praktikum kali ini hanya akan dibahas mengenai array satu dimensi dan array dua dimensi.
            Dalam program ini ditunjukkan array satu dimensi. Dalam melakukan pendeklarasian array tentu sangat berbeda dengan pendeklarasian variable – varianel yang lain. Jelas berbeda karena isi dari variable biasa dan variable array berbeda. Untuk pendeklarasian array satu dimensi seperti pada contoh program ini. Hanya menggunakan satu tanda buka dan tutup [ ]. Tanda [ ] berfungsi untuk menjelaskan bahwa itu adalah tanda untuk menempatkan index array atau array ke berapa. Misal array ke satu akan di tulis array [0]. Array dimulai dari 0. Sehingga jika kita menulis array [0] maka isi array yang pertama yang akan ditampilkan atau di eksekusi.
            Array satu dimensi dan dua dimensi pada dasarnya sama saja yaitu variable yang dideklarasikan dengan array atau memiliki  isi lebih dari satu, yang membedakan adalah indexnya. Dimana pada array satu dimensi hanya memerlukan index yang sederhana sedangkan pada array dua dimensi membutuhkan pendeklarasian index yang lebih spesifik lagi. Dalam array satu dimensi hanya berlaku baris saja sedangkan pada array dua dimensi berlaku baris dan kolom, atau lebih tepatnya dua baris dan beberapa kolom , bila array multidimensi nanti akan ada beberapa baris dan kolom.
            Pendeklarasiannya juga tentunya berbeda, dikarenakan ada baris dan kolom, berarti kita harus mendeklarasikannya dengan baris dan kolom juga. Misal array [ ] [ ] , tanda [ ] di tuliskan dua kali,tanda yang pertama menunjukkan informasi baris dan yang kedua menunjukkan informasi kolom. Contohya ada pada program ini.

public class array
{
            public static void main (String [] args)
            {
                        byte  a [] = {3,4,5};
                        System.out.println(a[0]);
                       
            }
}


public class array
{
            public static void main (String [] args)
            {
                        byte  a [][] = {{3,4,5},{1,2,3}};
                        System.out.println(a[1][1]);
                       
            }
}





praktikum java
Ibu Kota, 12 Muharram 1435 H
akhukum fillah arif zainurrohman



0 komentar:

Posting Komentar