بِسْمِ
اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ
oleh :
arif zainurrohman
Algoritma
Pemrograman 1A atau sering kami sebut AP 1A. Ini adalah salah satu matakuliah
untuk program studi SITI. Pertama mendengar bagi penulis memang tidak asing,
karena memang sudah sekitar lima tahun yang lalu penulis memulai mempelajari algoritma
pemrograman ini. Namun ternyata mata kuliah ini ada ekornya. Yaitu 1A, 1B, dan
1C. Mulailah timbul keresahan dalam diri.
Namun
ternyata keresahan itu hanya sementara saja. Tidak lama ada seorang dosen –hafizhahullah
– yang dengan senang hati mau menjelaskannya. Jadi Ternyata maksud dari
pembagian menjadi tiga bagian itu adalah untuk memperdalam ilmu yang ada dalam
mata kuliah ini. AP 1A, mata kuliah yang mengupas tuntas masalah flowchart
dalam pemrograman. AP 1B, mata kuliah yang mengupas tuntas masalah bahasa
pemrogramannya atau sintaxnya. Sedangkan AP 1C, mata kuliah yang mengupas
tuntas masalah konsep dalam bahasa pemrograman. Ternyata tujuan sangat bagus
sekali, bagi mahasiswa yang belum mengenal apa itu pemrograman langsung dapat
memperdalamnya, tidak sama dengan penulis, karena dahulu penulis mempelajari ke
tiga itu dalam satu mata pelajaran saja (^_^).
Langsung
saja penulis akan membagi sedikit materi yang penulis dapatkan dari mata kuliah
AP 1A, yaitu mengenai flowchart. Untuk lebih mudahnya mari kita perhatikan
Struk pembelian, struk pemeblian bisa kita dapat dari beberapa tempat dan
penulis yakin pembaca telah mengetahuinya, jadi tidak perlu penuis
menjelaskannya lagi. Dalam struk pembelian terdapat beberapa informasi seperti
nama toko , nama barang , harga barang , jumlah barang dan lain lain. Nah
informasi informasi yang tertulis itulah yang menggambarkan Detil bahasa
pemrograman atau aplikasinya.
Dan
yang akan penulis sampaikan di sini adalah flowchart. Apa sih flowchart ? Untuk
apa flowchart ? Bagaimana bentuk atau wujud flowchart ? Siapa yang membuat
flowchart ? Mengapa harus ada flowchart ? Mari kita bahas satu persatu .
Flowchart
sendiri adalah bagan atau simbol simbol yang memberikan informasi alur dan proses
proses jalannya sebuah program. Flowchart menggambarkan algoritma secara
global. Dalam flowchart terdapat beberapa symbol yang sangat jelas memberikan
informasi, apakah langkah yang harus dijalankan, apakah proses ataukah input
ataukah output. Flowchart ini bersifat global karena dapat digunakan untuk
semua bahasa pemrograman (ya tentu saja, karena flowchart ini bukan bahasa
pemrograman tertentu melainkan informasi
yang dapat dirubah ke dalam bahasa pemrograman).
Flowchart
ini ternyata sangat berguna digunakan sebagai sketsa. Dengan flowchart ini programmer
dapat dengan mudah menentukan titik titik di mana ia akan istirahat (ketika
lelah) sehingga tidak perlu membaca sintax program dari awal lagi. Karena tentunya
sebuah program berisi alur alur yang cukup rumit dan membingungkan. Dahulu
penulis sempat berfikir bila membuat flowchart sama saja bekerja dua kali ,
membuat flowchart dan mengaplikasikannya dalam bahasa pemrograman (tidak
efisien). Tetapi ternyata paham itu terbantahkan, karena flowchart dan bahasa
sintax program dibuat oleh orang yang berbeda.
Flowchart
ini berupa simbol simbol khusus. Simbol simbol khusus itu mempunya fungsinya
masing masing. Diantaranya ada simbol untuk menginformasikan permulaan dan
pengakhiran sebuah program. Simbol yang menginformasikan sebuah input data,
output data, dan proses data. Proses data di sini juga ada lagi pembagiannya,
seperti pengandaian , pengulangan , array , dan lainnya. Dalam flowchart ini
kita harus hafal nama dan fungsi simbolnya.
Dalam
mebuat flowchart, seorang programmer akan bermain main dengan logikanya atau
analisa analisanya terhadap suatu permasalahan atau program yang hendak
dibuatnya. Tentu logika dan analisa akan sangat ditonjolkan disini. Flowchart
ini akan sangat ditentukan berdasarkan pemahaman logika dan analisa setiap
orang. Ketika logika dan analisa seseorang itu baik maka insya allah flowchart
akan baik, dan akan sangat berpengaruh pada program yang dibuatnya. Nah jangan
teruburu buru mengambil kesimpulan logika akan sangat menyulitkan bagi sebagian
orang, apalagi nalar (^_^). Karena
logika ini dapat dilatih, jadi jangan berkecil hati. Logika dapat dilatih
dengan melakukan beberapa latihan, semakin banyak latihan insya allah semakin
terasah logika kita. Banyak membaca, perluas wawasan , jangan malas mencari
informasi, dan masih banyak lagi. Menurut penuturan dosen –hafizhahullah-
logika manusia itu tidak bisa dipaksakan.
“logika
manusia itu tidak bisa dipaksakan”
Dosen
AP 1A – hafizhahullah-
Logika
manusia tidak visa dipaksakan sesuai kehendak seseorang. Setiap manusia
mempunyai caranya masing masing dalam memaknai suatu
permasalahan dan pengambilan
keputusan. Kita tidak bisa memaksanya untuk selalu
sama dengan kita.
كَانَ اخْتِلاَفُ أَصْحَابِ مُحَمَّدٍ صلى الله عليه وسلم رَحْمَةً لِلنَّاسِ.
“Perbedaan
pendapat di kalangan sahabat Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam
merupakan rahmat bagi manusia.” (Jazil al-Mawahib, 21).
مَا سَرَّنِيْ لَوْ أَنَّ أَصْحَابَ مُحَمَّدٍ صلى الله عليه وسلم لَمْ يَخْتَلِفُوْا لأَنَّهُمْ لَوْ لَمْ يَخْتَلِفُوْا لَمْ تَكُنْ رُخْصَةٌ
“Aku
tidak gembira seandainya para sahabat Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam
tidak berbeda pendapat. Karena seandainya mereka tidak berbeda pendapat, tentu
tidak ada kemurahan dalam agama.” (Jazil al-Mawahib, 22).
Beliau
menuturkan, jika suatu saat nanti diantara kami (mahasiswa) terjadi perbedaan
pendapat, perbedaan penyelesaian masalah dalam ujian yang diberikan oleh
beliau, beliau tidak akan mempermasalahkannya. Bila ada yang menuliskan flowchart
lebih panjang dari yang lain itu tidak akan mempengaruhi penilaian. Yang
terpenting maksud dari flowchart atau jawaban dari kami adalah sama, yaitu
tujuan yang sama (jawaban yang benar), nilainya akan tetap sama.
Namun perlu di ingat suatu hal yang sangat penting
dalam perbedaan pendapat ini.
“Maka
bertanyalah kepada orang yang mempunyai pengetahuan jika kamu tidak
mengetahui.” [QS. an-Nahl : 43]
Kuliah AP 1A (untuk flowchart)
Ibu kota , 12 Oktober 2013
akhukum fillah arif zainurrohman
0 komentar:
Posting Komentar